Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Misteri Dunia Penerbangan yang Harus Kamu Tahu


Sobat ingat kejadian yang menimpa pesawat Malaysia Airlines MH370 beberapa tahun lalu? Kejadian tersebut sampai saat ini masih menjadi misteri. 

Sejauh ini kita hanya mendengar banyak spekulasi dan teori dari yang masuk akal hingga yang paling aneh sekalipun. Kenyataannya sebelum pesawat ataupun black box itu ditemukan, maka tidak ada yang dapat membuktikan apa yang terjadi kepada pesawat tersebut. 

Namun bukan itu saja, masih banyak dunia penerbangan yang menyimpan misteri dan hingga sekarang belum dapat dijelaskan seperti yang akan

kita lihat berikut ini. Inilah 5 misteri dari dunia penerbangan.


1. Stardust


Selama puluhan tahun, banyak rumor dan misteri menyeliputi pesawat Stardust yang menghilang pada tahun 1947. Pencarian besar-besaran gagal menemukan sisa pesawat ini atau 11 penumpangnya. 

Banyak teori lalu bermunculan, dari sabotase, mata-mata sampai penculikan oleh alien. Namun 50 tahun setelahnya, es glasial di pegunungan Andes mulai mencair dan memperlihatkan sebuah bangkai pesawat yang nampaknya seperti Stardust. 

Meski memakan waktu setengah abad, setidaknyakita tahu bahwa pesawat tersebut menabrak gunung es dan lalu ditimbun oleh salju yang longsor. Akhirnya ada juga satu misteri yang terpecahkan.

2. Flying Tiger Line Flight 739


Di tahun 1962, Flying Tiger Line Flight 739 lepas landas menyusuri Samudera Pasifik sambil mengangkut 96 tentara dan 11 awak kapal. 

Lalu mereka menghilang selamanya. Pihak militer mengerahkan upaya pencarian besar-besaran, sampai merupakan salah satu yang terbesar sepanjang sejarah Pasifik. Tapi naas, tidak ada tanda-tanda dimana tentara atau pesawat tersebut berada.

Beberapa spekulasi muncul yang menyebutkan bahwa pesawat tersebut dibajak atau disabotase, namun lalu dibantah karena tidak adanya bukti. Para pelaut di kapal tanker melaporkan bahwa mereka melihat adanya bola api di langit dan jatuh ke laut, memberi kesan bahwa FLight 739 meledak di udara. Namun ini juga tidak pernah bisa dikonfirmasi.

3. Pan Am Flight 7


Disebut-sebut sebagai romansa di atas langit, Pan Am Flight 7 menyediakan trip paling romantis dan mewah pada tahun 1957. 

Namun dalam satu penerbangan dari California menuju Hawai, Pan Am menghilang tanpa jejak. Selama 5 hari, tim SAR terus mencari pesawat ini, atau sisa-sisa pesawatnya. Ketika akhirnya ditemukan, peristiwa ini malah semakin membingungkan. 

Pan Am Flight 7 ditemukan sedang mengambang-ambang di atas lautan, beberapamil keluar jalur, dan otopsi menunjukanadanya keracunan karbon monoksida Tidak ada yang tahu bahwa hal ini terjadi dalam upaya menipu asuransi, ataupun tindakan balas dendam dari karyawannya.

4. Aer Lingus Flight 712


Ketika pesawat Aer Lingus Flight 712 jatuh dan menewaskan seluruh 61 penumpangnya di tahun 1968, hasil investigasi menunjukan bahwa ada hal yang tidak beres dan tak biasa yang menjatuhkanpesawat tersebut. 

Bangkai ekor pesawatnya memberikan tanda-tanda adanya korosi yang sangat parah. Beberapa saksi mata mengaku bahwa mereka melihat rudal milik Inggris menjatuhkan pesawat itu. 

Meski dibantah oleh pihak Inggris, ditemukan bukti-bukti yang memperkuat klaim dari para saksi mata. Lima puluh tahun setelahnya, kita masih belum dapat memastikan apa yang sebenarnya terjadi pada Flight 712.

5. Flight 19


Saat masa puncaknya Perang Dunia I, pihak militer Amerika menerbangkan 5 pesawat bomber ke daerah Segitiga Bermuda. Pasti para pembaca sudah dapat menebak apa yang terjadi selanjutnya. 

Ya betul, kelima pesawat dan 14 orang kru-nya menghilang dan tak pernah terdengarkabarnya lagi. Hanya beberapa jam setelahnya, militer Amerika mengirimkan lagi regu pencari sebanyak 13 orang dengan sebuah kapal Mereka pun juga menghilang tanpa jejak.

Hingga sekarang Flight 19 masih menjadi peristiwa paling misterius dan terkenal sepanjang sejarah Segitiga Bermuda.

Nah itu dia misteri yang terjadi di dunia penerbangan yang sampai saat ini ada yang belum terpecahkan. Semoga bisa menambah wawasan kita semua ya..

Post a Comment for "5 Misteri Dunia Penerbangan yang Harus Kamu Tahu"